a. Sistem Komputer
Komputer
merupakan perangkat elektronika yang mampu menerima, memproses, dan menyimpan data, serta menghasilkan bentuk
keluaran berupa teks, gambar, simbol, angka dan suara. Dalam pengoperasian,
bentuk, sistem dan fungsinya, komputer terdiri atas 2 (dua) bagian yaitu hardware dan software.
1)
Hardware (Perangkat Keras)
Untuk memenuhi
kebutuhan akan bebagai informasi, manusia senantiasa untuk mengembangkan
perangkat keras untuk mendukungnya. Untuk mengakomodasi kepentingan ini,
manusia menciptakan berbagai peralatan yang menyokong keinginan tersebut. Perangkat hardware komputer dapat
dikelompokkan menjadi perangkat input (didntaranya : Keyboard, Scanner), perangkat
proses (diantaranya : CPU), perangkat output dan penyimpan data (diantaranya : Monitor, dan Printer), dan perangkat
penyimpan data (diantaranya : CDROM, Compact
Disk, Floppy Disk, Hard disk). Penjelasan lebih mendalam tentang perangat
komputer akan Anda peroleh juga pada modul 3.
a)
Keyboard
Keyboard adalah alat untuk memasukkan data ataupun perintah ke CPU (Central Processing Unit). Keyboard
biasanya terdiri dari rangkaian huruf dan angka.
b)
Scanner
Scanner merupakan
alat bantu untuk memasukkan data berupa gambar/grafik dan merubahnya ke dalam
bentuk digital sehingga dapat diproses dan digabungkan dengan bentuk data yang
berupa teks.
c)
Central Processing Units
Certral Processing Units (CPU) adalah
alat yang
berfungsi sebagai pemroses (pengolah) data. CPU merupakan
rangkaian sirkuit yang menyimpan instuksi-instruksi pemrosesan, dan penyimpanan data sementara.
d)
Monitor
Monitor adalah alat yang mampu menampilkan teks maupun gambar dari data yang diproses dalam CPU.
e)
Printer
Printer adalah alat
untuk memproduksi keluaran data (output)
berbentuk cetak, baik itu berupa teks maupun gambar/grafik.
f)
CD Rom
CD Rom adalah alat
tambahan (alat peripheral) yang mampu menyimpan dan menuliskan data dan program
melalui media Compact Disk (CD). Alat
ini didesain mampu menuliskan dan membaca data atau program melalui sistem
Optik.
g)
Compact Disk (CD)
Compact Disk (CD) merupakan media
penyimpanan yang terbuat dari bahan plastik. Proses penyimpanan dan pembacaan
data menggunakan sistem optik.
h)
Floppy Disk
Floppy Disk adalah alat
tambahan untuk menyimpan atau menuliskan data ke dalam disket maupun sebaliknya.
Ukuran yang umum digunakan adalah ukuran 3,5 inchi.
i) Hard Disk
Harddisk
adalah alat tambahan untuk menyimpan data dalam kapasitas
yang besar yang dilapisi secara magnetis.
2)
Software (Perangkat Lunak)
Software merupakan sebuah program komputer yang berisi sekumpulan instruksi yang
dibuat dengan menggunakan bahasa khusus. Progran ini memberi perintah kepada
komputer untuk melakukan berbagai pengoperasian/pemrosesan terhadap data yang
terdapat dalam program tersebut atau data yang dimasukan oleh pengguna
komputer. Singkat kata software
merupakan 'jiwa' sedangkan hardware
berfungsi sebagai 'tubuh' dalam sebuah komputer.
Secara
umum perangkat lunak dapat diklasifikasi menjadi 2 (dua) kelas yaitu perangkat
lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi. Pembahasan
secara khusus tentang perangkat lunak akan Anda dapatkan pada modul 3.
b.
Jaringan Sistem Komunikasi
Jaringan
komunikasi merupakan sebuah sistem yang mampu menghubungkan dan menggabungkan
beberapa titik komunikasi menjadi satu kesatuan yang mampu berinteraksi antara
satu dengan lainnya.
1)
Telephone
Telephone merupakan alat komunikasi dua arah yang
memungkinkan 2 orang atau lebih untuk bercakap-cakap tanpa terbatas jarak.
2) ISDN
Integrated Service
Digital Network (ISDN) merupakan jaringan komunikasi khusus yang
menggunakan jaringan telepon yang tidak hanya meproses suara, tapi juga mampu
menangani penyimpanan data berupa teks, gambar, video, faksimili, dan lain
lain.
3)
Facsimile
Facsimile merupakan sebuah alat yang mampu mengirimkan
dokumen secara persis sama melalui jaringan telepon.
Fiber Optic
Fiber optic
merupakan jaringan komunikasi yang mampu mentransmisikan data dalam
frekuensi tinggi. Dalam jaringan ini jalur komunikasi tidak menggunakan kawat
tembaga tetapi menggunakan cahaya sebagai penghantar datanya.
5)
Leased Line
Leased line merupakan jaringan telepon tetap (permanen)
yang menghubungkan dua tempat atau lebih. Jaringan ini tidak mempunyai alat
pengalih (switching) atau sejenisnya, jaringan ini bekerja diantara
tempat-tempat yang dihubungkan tersebut secara spesifik atau yang sudah
ditentukan. Jaringan ini dikenal juga dengan sebutan private line.
6)
Wireless
Wirekess adalah jaringan komunikasi nir
kabel. Jaringan komunikasi yang menggunakan gelombang radio/frekuensi tertentu
yang berfungsi sebagai penghantar informasi. Jaringan komunikasi ini
menggunakan alat pemancar, penguat , dan penerima gelombang yang berisi data
tersebut.
7)
Jaringan Komunikasi dengan Satelit
Jaringan komunikasi tanpa kabel yang
menggunakan satelit yang berfungsi sebagai pemancar, penerima dan penguat.
Sistem komunikasi ini menggunakan gelombang sebagai penghantar datanya
8)
Antena, TV dan
Radio, Seluler
Antena merupakan alat yang digunakan untuk
memancarkan dan menerima komunikasi radio.
TV dan Radio merupakan a
lat penyampaian informasi (mass media) yang menggunakan gelombang sebagai
penghantar sinyal suara dan gambar.
9)
Komunikasi Seluler
Komunikasi seluler merupakan komunikasi yang
menggunakan transmisi radio untuk mengirimkan sinyal informasi, alat tersebut
lebih dikenal dengan nama Hand Phone.
c. Net tools
Berbagai macam cara digunakan manusia untuk
mempermudah dan menjaga kualitas koneksi melalui dunia internet. Sejak saat itulah alat- alat yang menyokong kemampuan
jaringan (net tools) berkembang
pesat. Sistem jaringan yang tadinya hanya digunakan oleh kalangan terbatas
sekarang sudah sangat merakyat bahkan sampai ke tingkat rumah tangga.
1)
Server
Sebuah komputer yang bekerja sebagai penyedia
data, penyedia software dan
penyimpanan data adalah server.
Bahkan sebuah server mampu mengatur jalur informasi dalam jaringan yang
diaturnya.
2)
Client
Client adalah sebuah pesonal computer (PC) dalam sebuah jaringan komunikasi yang
mempunyai kemampuan memproses data dan mampu meminta informasi kepada server.
Router
Router adalah alat yang digunakan dalam jaringan
yang mampu mengirimkan data kepada jaringan lainnya melalui jalur yang lebih
cepat, tepat dan efisien.
Modem
Modulator/Demodulator adalah alat yang
memungkinkan PC, Mini Computer, atau Mainframe untuk menerima dan mengirim data
dalam bentuk digital melalui saluran telephon.
1.3.2 Internet
Internet adalah sebuah dunia maya jaringan komputer (interkoneksi) yang terbentuk dari
milyaran komputer di seluruh dunia. Teknologi
ini dimulai pada pertengahan tahun 70-an pada masa perang dingin dan mencapai
puncaknya pada tahun 1994 ketika interface
(antarmuka) grafis dan konten/isi
dari jaringan tersebut diciptakan dan diperuntukan bagi masyarakat umum agar dapat
dipergunakan secara lebih mudah.
Internet memungkinkan kita untuk menghilangkan hambatan jarak dan waktu
dalam mendapatkan Informasi. Dari segi ekonomi, internet merupakan sebuah
jawaban yang sangat efisien, efektif dan relatif murah bila dibandingkan dengan
hasil yang akan didapat.
Perkembangan teknologi informasi yang
sedikit ajaib terutama dalam bidang internet secara langsung
mampu menggeser bahkan mengubah sistem
dan pola hidup manusia. Perkembangan tersebut memicu munculnya aspek-aspek
sosial yang dapat dikatakan baru, atau aspek-aspek sosial lama yang muncul
dengan cara baru. Salah satu contoh adalah sumber informasi menjadi lebih
beragam dan luas; jarak dan waktu bukan lagi kendala yang utama; munculnya
sistem pembelian dan pembayaran on-line; mengadakan rapat secara bersamaan dan
langsung dari berbagai tempat; perubahan dalam bidang hukum dan perundangan;
pertukaran dan asimilasi nilai-nilai budaya tersebut cepat sampai. Perubahan nilai yang muncul dari
aspek sosial internet menuntut pergerakan dengan cepat menyiapkan infrastruktur
dan faktor-faktor yang bersangkutan dengan bidang tersebut. Bila tidaebut kita
akan tertinggal, karena internet merupakan salah satu jembatan penting untuk
masuk dalam kancah dunia.
a. Pengguna Internet
Sejak diperkenalkannya kepada dunia
pada tahun 1972-1973, penggunaan Internet pun meluas tidak hanya pada kalangan
khusus (militer pada saat itu). Seiring dengan perkembangannya, orang-orang
yang memanfaatkan internet membuat sebuah sistem yang memudahkan peng-akses-an
internet oleh masyarakat luas. Sistem ini juga memungkinkan adanya peluang
bisnis dalam bidang ini. Hal tersebut ditandai dengan didirikannya provider (penyedia layanan) internet
sampai warnet (warung internet).
Banak p
enyedia jasa internet ( ISP/Provider ) i
nstitusi yang menyediakan jasa layanan
koneksi ke internet yang berada di Indonesia contohnya: Melsa, Telkomnet
instan, Centrin, Wasantaranet, CBNet, Indosat, dsn lain lain. Dengan banyaknya ISP-ISP, maka organisasi APJII (Assosiasi Penyelenggara Jasa Internet
Indonesia) dibentuk. Assosiasi ini berfungsi sebagai pemersatu penyedia
jasa layanan ini, sehingga para pengguna Internet dapat terus memanfaatkan
Internet untuk keperluan mereka.
Pengguna internet secara privat (perorangan
maupun organisasi) disebut user.
b.
Hacker dan Cracker
Keamanan data
menjadi hal yang penting dalam aktivitas yang dilakukan. Ada dua cara bentuk
aktifitas terhadap jaringan komputer, yaitu hacking
dan cracking. Hacking adalah usaha
memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengeksplorasi ataupun mencari kelemahan
sistem jaringan, sedangkan cracking adalah usaha memaski secara ilegal sebuah
jaringan dengan maksud mencuri, mengubah, atau menghancurkan file atau data
yang disimpan kompunter-komputer yang ada di jaringan tersebut. Pelaku hacking
disebut hacker, sedangkan pelaku
cracking disebut cracker.
c. Organisasi
Dengan maraknya pemanfaatan internet,
dibentuklah organisasi yang bergerak dalam bidang internet dan membentuk suatu
komunitas yang melakukan pengembangan-pengembangan dalam dunia maya seperti
aturan main, teknologi, hukum, aspek sosial, dan lain lain. Komunitas tersebut
diantaranya di bawah ini.
ITU -
International Telecommunication Union , http://www.itu.int/
ICANN - The Internet Corporation for Assigned Names and Numbers, http://www.icann.org
IANA - Internet Assigned Numbers Authority , http://www.iana.org/
ARIN - American Registry for Internet Numbers, http://www.arin.net/
ICANN - The Internet Corporation for Assigned Names and Numbers, http://www.icann.org
IANA - Internet Assigned Numbers Authority , http://www.iana.org/
ARIN - American Registry for Internet Numbers, http://www.arin.net/
RIPE NCC
Réseaux IP Européens, http://www.ripe.net
APNIC
Asia Pacific
Network Information
Center , http://www.apnic.net
IETF The
Internet Engineering Task Force, http://www.ietf.org/
APJII Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, http://www.apjii.or.id/
MASTEL Masyarakat Telematika, http://www.mastel.or.id/
MASTEL Masyarakat Telematika, http://www.mastel.or.id/
ccTLD-ID
Country Code Top Level Domain-Indonesia ,
http://www.idnic.net.id/
FTII Federasi Teknologi InformasiIndonesia ,
FTII Federasi Teknologi Informasi
APKOMINDO
- Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia
http://www.apkomindo.or.id/
AWARI - Asosiasi Warung Internet Indonesia
AWARI - Asosiasi Warung Internet Indonesia
IndoWLI - Asosiasi Indonesia Wireless LAN Akses
Internet
ASPILUKI - Asosiasi Pirantik Lunak Indonesia, http://www.aspiluki.or.id/
d. Regulasi (Peraturan)
Karena besarnya
kemampuan yang dimiliki dunia internet, bermacam- macam bentuk kejahatan dan
penyimpangan fungsi terjadi. Oleh karena itu disusunlah sebuah peraturan yang
membatasi pergerakan para 'penjahat internet' sekaligus untuk memberikan rasa
aman pada pengguna internet lainnya. Dengan banyaknya jenis layanan informasi
yang disediakan oleh dunia internet, bentuk-bentuk kejahatan maupun
tindakan-tindakan amoral dalam kemasan baru pun lahir. Hal ini memang
tidak dapat dibendung karena banyaknya kepentingan yang 'diemban' oleh
Internet. Selanjutnya akan digambarkan kejahatan maupun tindakan amoral yang
paling banyak ditemui saat berslancar' dalam dunia internet.
Anggapan yang
mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Untuk
itu Anda harus hati-hati jangan masuk ke dalam area tersebut karena hal itu
tidak baik dan akan merugikan Anda. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang
dimiliki internet, pornografi pun merajalela. Untuk mengantisipasi hal ini,
para produsen 'browser' melengkapi
program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat diakses.
Karena segi bisnis
dan isi pada dunia Internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan
segala macam cara agar dapat 'menjual' situs mereka. Salah satunya dengan
menampilkan hal-hal yang bersifat tabu. Modus seperti di atas memang merajalela
dibidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan para penipu. Cara yang
terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang
didapatkan pada penyedia informasi tersebut.
e. Carding
Karena sifatnya
yang langsung (real time), cara belanja dengan menggunakan kartu kredit (carding)
adalah cara yang paling banyak digunakan dalam dunia Internet. Para penjahat
Internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat
yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan
kartu kredit) on-line dan mencatat
kode kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang
mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka. Dampak negatif lain adalah
meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu
pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Kita hanya perlu
menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan
memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.
1.3.3 Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Berbagai
Bidang
Secara
garis besar sumber informasi dapat diperoleh melalui dua media yaitu cetak dan
elektronik. Informasi dari media cetak misalnya koran, majalah, buku, jurnal
dan lain-lain. Sedangkan dari media elektronik misalnya radio, televisi,
internet, dan sebagainya. Coba anda
pikirkan, bila anda akan memberi kabar
tentang kenaikan kelas kepada kakek dan nenek yang tempat tinggalnya berjarak
kurang lebih 100 km dari rumah anda. Berapa biaya yang diperlukan dan berapa
lama kabar tersebut sampai ditempat tujuan bila menggunakan cara di bawah ini.
a.
Datang sendiri dengan
kendaraan umum yang ada di lingkungan anda (bus, kereta api, kapal, dan
sebagainya)
b.
Lewat pos
c.
Lewat telephone
d.
Lewat internet
Telah Anda ketahui bahwa salah satu hasil perkembangan
teknologi informasi dan komunikasi adalah teknologi komputer. Manfaat komputer
dalam kehidupan kita sehari-hari sangatlah beragam. Mulai sebagai alat bantu
menulis, menggambar, mengedit foto, memutar video, memutar lagu sampai analisis
data hasil
penelitian maupun untuk mengoperasikan program-program penyelesaian problem-problem
ilmiah, industri dan bisnis. Sekarang para manajer, para pendidik, para pejabat,
para peneliti dan masyarakat luas telah banyak mempergunakan komputer dalam
kehidupan sehari-harinya sebagai alat bantu yang sangat berguna untuk
menyelesaikan pekerjaan yang sangat melelahkan dan memakan waktu lama. Dengan
demikian komputer sudah merupakan peralatan bagi kebutuhan masyarakat luas dan
tidak terbatas hanya untuk kalangan tertentu saja.
Dunia anak telah lama mengenal alat permainan
game yang dikendalikan oleh sistem komputer. Di bidang industri, komputer telah
dipergunakan untuk mengontrol mesin-mesin produksi dengan ketepatan tinggi
(misalnya CNC, sebuah mesin serba guna dalam industri metal, Programmable Locic Controller, alat
otomatisasi industri) sehingga dapat kita jumpai berbagai produk industri logam
yang bervariasi dan kita sulit
membayangkan apabila dikerjakan
secara manual. Banyak pula mesin-mesin dalam industri garmen dilengkapi dengan
kontrol komputer, misalnya perusahaan topi bodir dapat memproduksi topi dengan
kualitas gambar bordir yang seragam dalam jumlah banyak dalam waktu singkat.
Di perusahaan dagang seperti department store telah dipergunakan mesin cash register (mesin kasir) yang dilengkapi dengan kontrol komputer
sehingga mesin tersebut dapat dikontrol oleh pihak manajer hanya dari ruangan
kerjanya saja.
Para seniman atau designer
dapat memanfaatkan komputer karena gambar dapat diubah atau disajikan dalam
bentuk digital. Para arsitek dan perancang kota secara luas memanfaatkan
kemampuan komputer untuk menggambar dalam bentuk tiga dimensi yang dapat
ditampilkan dan dilihat dari berbagai arah. Para musisi juga telah mendapatkan
cara dalam memanfaatkan komputer, baik untuk menulis, merekam maupun memainkan
musik yang telah dikode secara digit. Semua informasi baik musik (suara) maupun
gambar dapat direkam atau disimpan di dalam disk
yang dapat dibaca ulang secara optis oleh laser.
Dalam
bidang pertanian dan bioteknologi, peralatan-peralatan kultur telah banyak yang
dilengkapi dengan kontrol komputer untuk mengusahakan ketelitian kerja pada
ruang steril. Perusahaan Australia telah mengembangkan robot untuk keperluan
bioteknologi ini.
Dibidang otomotif, banyak kendaraan terbaru
yang telah dilengkapi dengan sistem komputer sehingga penggunaan bahan bakarnya
dapat diatur sedemikian rupa sampai taraf sangat efisien untuk sebuah
perjalanan yang jauh. Bus-bus penumpang sudah dilengkapi dengan sistem kontrol
komputer dan sensor-sensor canggih sehingga mengendarai bus tersebut terasa
lebih aman.
Penerapan
kontrol komputer yang tercanggih terdapat di pesawat terbang dan pesawat
angkasa. Untuk dapat mengatasi berbagai kendala alam dan sulit dilakukan oleh
seorang pilot secara manual, sebuah pesawat terbang dapat dikendalikan secara
otomatis sehingga bisa terbang dengan selamat di tujuan.
Rangkuman
Teknologi
informasi berkembang pesat seiring dengan penemuan dan perkembangan ilmu
pengetahuan dalam bidang informasi dan komunikasi. Perekembangan terknologi
informasi mampu menciptakan peralatan
yang mendukung perkembangan teknologi informasi, mulai dari sistem
komunikasi sampai dengan alat komunikasi yang searah maupun dua arah
(interaktif).
Komputer merupakan perangkat elektronika yang
mampu menerima, memproses, dan menyimpan
data, serta menghasilkan bentuk keluaran berupa teks, gambar, simbol, angka dan
suara. Dalam pengoperasian, bentuk, sistem dan fungsinya komputer dapat
dipandang terdiri atas 2 (dua) bagian yaitu hardware dan software.
Teknologi
Informasi adalah ilmu yang mempelajari teknik aplikasi
komputer untuk mendukung operasi dari suatu organisasi: operasi, instalasi, dan
perawatan komputer, perangkat lunak, dan data. Teknologi
Komunikasi adalah ilmu yang mempelajari
aplikasi berbagai teknologi yang digunakan di dalam telekomunikasi. Sumber Informasi secara garis
besar ada dua jenis yaitu dari media cetak dan media elektronik Teknologi
Informasi dan Komunikasi sudah dimanfaatkan di berbagai bidang kehidupan,
misalnya pendidikan, industri,
bioteknologi, militer, kesehatan, dan
lain-lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar